Pressure ulcer luka decubitus

Pressure ulcer seperti namanya penyebab utamanya karena adanya tekanan yang terus menerus, pada umunya terjadi dilokasi yang soft tissue (jaringan lunak) tipis dan tertekan tulang keras, misalnya di sacrum(tulang ekor)  dan tumit. Namun bisa juga terjadi dilokasi yang lain, biasanya terjadi pada pasien yang tidak bisa beraktifitas secara maksimal sehingga menghabiskan waktu dengan berbaring di tempat tidur, entah itu di dalam rumah atau di rumah sakit. Selain karena tekanan terus menerus, gesekan juga bisa menyebabkan pressur ulcer atau ulkus.

Mungkin ada pertanyaan kenapa kok bisa timbul ulkus tersebut.

berikut penjelasan secara ilmiahnya.. jaringan kulit terdapat pembuluh darah kecil-kecil yang disebut pembuluh darah kapiler. pembuluh darah tersebut berfungsi untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit dan jaringan sekitar untuk tetap hidup.

pressure atau tekanan terus menerus sama halnya dengan selang yang mengalirkan air di tindih sehingga aliran tidak lancar. sehingga  jaringan kulit dan sekitar yang seharusnya mendapatkan nutrisi malah tidak mendapatkanya, lantaran pressure tubuh yang menindih secara terus menerus menyebabkan pembuluh darah kapiler tidak menjalankan fungsinya secara normal. sehingga kulit menjadi hipoksia (kurang oksigen) serta kekurangan nutrisi. sehingga secara perlahan kulit akan mengalami kerusakan dan kematian kemudian bisa diperburuk dengan kondisi pasien sehingga akan terbentuk perlukaan yang nantinya bisa menjadi ulkus.

Kurang lebih seperti itu penjelasanya tentang bagaimana luka terbentuk dari tubuh yang tidur terus menerus. namun kondisi seperti itu bisa diminimalkan angka kejadianya. atau bisa dicegah dengan beberapa saran yang akan saya jelaskan nanti di artikel yang lainya.

 

Tulis sebuah Komentar

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
*