perawatan dan pengobatan luka gangren

luka gangren sekarang sudah mengalami peningkatan, hal itu dikarenakan angka kejadian orang yang mengalami diabetes juga meningkat di indonesia, memang diabetes ini erat kaitanya dengan pola makan dan gaya hidup sehat yang mulai tidak diperhatikan oleh sebagian besar masyarakat.

Akibatnya banyak yang tidak mengetahui jika didalam dirinya sedang mengalami peningkatan kadar gula darah dalam tubuh yang biasa disebut penyakit diabetes mellitus. ketika mengalami luka yang lama penyembuhanya atau penyakit yang lain dokter atau paramedis yang lain curiga semua itu disebabkan komplikasi dibetes mellitus sehingga  ketika ditanya apakah punya penyakit diabetes millitus sepontan pasien menjawab tidak punya karena memang itu yang dia ketahui sebelumnya. namun ketika ditanya apa pernah melakukan test guladarah kebanyakan mereka bilang belum pernah. namun jangan mudah percaya informasi yang lain selain dibuktikan dengan test gula darah karena test tersebut menjadi acuan. banyak pasien yang mengaku tidak punya diabetes namun ketika ditest mengalami peningkatan guladarah yang tinggi.

untuk perawatan luka dengan disertai diabetes memang butuh proses yang memakan waktu cukup lama. karena melalui proses bertahap tergantung luka gangrenya. ketika lukanya banyak jaringan nekrotik hitam atau kekuningan maka perlu dibersihkan terlebih dahulu atau perlu dibuang jaringan yang mati tersebut. cara membuangnya juga perlu waktu dan proses. bukan sekali buang bisa bersih, namun beberapa hari bahkan jika memungkinkan akan dilakukan setiap hari dengan perwatan ekstra. karena tahap inilah tahap yang penuh dengan tenaga waktu dicurahkan. setelah proses pembersihanya selesai dalam beberapa hari bahkan minggu maka selanjutnya masuk ke proses penyembuhan. berbeda dengan penyembuhan luka pada pasien yang tidak mengalami diabetes, pada pasien yang mengalami diabetes kadar gula juga perlu dipertahankan stabil tidak tinggi.  hal ini untuk mempercepat penyembuhan luka, namun penyembuhan dan perawatan luka memang perlu waktu  tergantung seberapa lebar dan dalam lukanya.

memang ada beberapa kondisi gangren pada umumnya dibagi menjadi dua jenis gangren.

Gangren Basah

dimana pada kondisi gangren basah luka yang terbentuk mengalami kondisi basah yang diakibatkan adanya infeksi yang memburuk, kondisi basah tersebut bisa meliputi terbentuknya jaringan mati atau nekrotik bahkan bisa terdapat jaringan nana. pada kondisi tersebut bisa dibilang infeksinya cukup luas dan dalam sehingga memungkinkan untuk menjadi lebih buruk jika tidak dilakukan perawatan gangren secepatnya.

Gangren kering

pada gangren kering memang tidak mengalami kondisi yang basah/sangat basah seperti gangren basah. permukan luka terlihat tidak sebegitu parah, hal ini bisa disebabkan karena kurang bagusnya pembuluh darah kecil yang mengaliri darah kejaringan.

adapula kondisi gangren yang lain seperti Gangren Gas pada kondisi seperti ini bisa terlihat ketika dilakukan foto rontgen sehingga akan kelihatan gas yang terbentuk di dalam luka tersebut.

Pengobatan dan perawatan gangren dengan disertai diabtes mellitus memang perlu perawatan ekstra pada diabetes mellitus, biasanya akan digunakan injeksi insulin atau suntik insulin untuk menstabilkan gula darahnya.

Bagi anda yang mengalami kesusahan dalam melakukan perawatan dan pengobatan luka, anda tidak perlu risau silahkan hubungi kontak person kami untuk mendapatkan penanganan perawatan luka. kami bisa datang ketempat anda. atau anda bisa datang ketempat kami, sesuai jadwal, adabaiknya janjian terlebih dahulu.

Tulis sebuah Komentar

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
*