pencegahan luka kaki gangren diabetik

luka gangren merupakan suatu kondisi luka atau borok yang memburuk terjadi pada seseorang sedang mengalami penyakit diabetes atau gula darahnya tinggi.

luka gangren bisa dicegah dengan beberapa tips sebagai berikut:

  1. usahakan hampir tiap hari mencuci dan menggosok punggung dan badan kaki menggunakan tangan. hal ini bertujuan agar ketika ternyata terjadi luka baru yang kecil bisa di deteksi secara dini sehingga bisa dilakukan perawatan secara dini, hal ini mampu mencegah untuk berkembang menjadi gangren diabetikum.
  2. mengontrol gula darah dikisaran 200 pada GDA meski lebih baik lagi jika dibawah 200. hal ini bertujuan jika gula darah lebih dari 200 maka akan sangat berpotensi menjadikan luka semakin memburuk.
  3. memakai alas kaki entah itu sandal atau sepatu karena pada penderita diabetes akan beresik adanya gangguan saraf tepi, dengan maksud pada pasien diabetes akan cenderung lebih kebal dari rangsangan nyeri, sebagai contoh ketika terkena luka tusuk kecil dikaki akan tidak terasa karena saraf tepi yang pada orang normal ketika terkena luka tusuk akan terasa nyeri dan reflek mengangkat kaki namun pada pasien diabetes kronis tidak akan begitu, sehingga luka yang kecil cenderung tidak diketahui. maka perlu menghindari dengan memakai alas kaki tersebut.
  4. hindari untuk beraktifitas ke sawah ladang atau tempat yang rawan terjadi luka dikaki, karena pada pasien diabetes ternyata sekarang sudah banyak diderita semua kalangan, bukan hanya  kalangan menengah ke atas bahkan tidak sedikit petani yang menderita diabetes, sehingga bagi petani yang mengalami diabetes untuk perlu hati-hati ketika ke sawah atau ladang kalau perlu hindari.
  5. jika sudah terlanjur terdapat luka kecil di kaki. maka ketika tidur atau berbaring atau duduk santai maka usahakan kaki ditaruh dengan posisi lebih tinggi dibanding tubuh dengan katalain bisa di ganjel dengan bantal atau benda yang lain. hal ini bertujuan untuk mengurangi penumpukan kadar gula di kaki, karena seperti hukum gravitasi, berat jenis gula lebih tinggi, sehingga gula didalam tubuh cenderung akan turun kebawah, jika bagian tubuh yang terbawah adalah kaki, maka gula akan cenderung menumpuk dikaki, hal ini yang memperburuk luka, maka dari itu usahakan kaki ditaruh pada posisi lebih tinggi agar luka yang terdapat dikaki tidak diikuti dengan penumpukan gula darah dikaki.

Demikian beberapa saran dan tips untuk mencegah agar tidak terjadi gangren. jika ulcus gangren sudah terjadi, maka segeralah untuk merawat luka gangren tersebut

Tulis sebuah Komentar

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
*