Mitos dan Pantangan yang dihindari pada perawatan luka

Perawatan luka memang membutuhkan waktu yang tidaklah singkat. Terlebih jika ternyata kondisi lukanya buruk saat pertama kali datang, mungkin memerlukan waktu lebih lama jika dibanding kondisi luka pada umumnya.

Sehingga ada beberapa yang perlu diperhatikan dalam keseharian agar bias menunjang penyembuhan  yang lebih maksimal selain itu bisa mencegah perburukan pada luka tersebut.

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1 Hindari  Air pada lukanya.

Kondisi borok/luka perlu dijaga kelembapanya dengan cairan khusus. Namun hal semacam itu tidak dibenarkan pulah untuk terkena air ketika mandi atau ke kamar mandi, karena pada perawatan luka ada kondisi dan pertimbangan khusus untuk disengaja terkena cairan. Namun kondisi perawatan luka tersebut terjaga dari infeksi. Sangat berbeda jika ternyata luka anda terkena air ketika mandi atau terkena air karena kegiatan yang lainya.. maka dari itu.hindari air dan jaga agar tetap steril.

2 Perbanyak makan makanan berprotein.

Daging, putih telur, ikan gabus, dan ikan yang lianya sangat di butuhkan untuk mempercepat penyembuhan luka. Karena makanan tersebut mengandung protein yang dibutuhkan dalam penyembuhan luka. Namun ada beberapa makanan yang ternyata bias menimbulkan alergi atau gatal-gatal, hal semacam itu wajar, bias anda ganti dengan makanan yang tidak menimbulkan alergi namun mempunyai nilai protein yang baik untuk penyembuhan, misalnya ikan gabus, atau ikan tawar atau ikan yang lain.

3 Gatal pada luka itu wajar.

Masih ada saja orang yang beranggapan jika daging, telur dan makanan yang tinggi protein itu bisa menyebabkan gatal sehingga perlu di hindari, Hal semacam itu sangat salah besar. Karena gatal ketika luka mau sembuh itu sangatlah wajar, itu suatu proses yang alamiah. Dimana ketika luka akan mencapai kesembuhan akan timbul reaksi yang sedikit gatal. Sebagai respon kimia pada penyembuhan.sehingga justru makanan daging dan telur dan tinggi protein wajib diberikan kecuali ada alergi seperti keterangan di point 2.  gatal yang tidak wajar pada luka yang itu jika gatal karena alergi.

4 Potong kuku anda.

Tips memotong kuku ini kelihatan sangat sepeleh, orang banyak yang menghiraukanya namun jika di cermati secara menyeluruh penyebab luka semakin memburuk karena infeksi yang di akibatkan garukan pada pasien, dimana kondisi kuku yang pancang mengakibatkan luka disekitar borok menjadi lecet-lecet bahkan berdarah. Terlebih kukunya kotor  terdapat kuman yang tanpa disadari. Sehingga sangat rawan terjadi infeksi. Maka dari itu. Potong kuku sangat dianjurkan untuk mencegah garukan secara reflek. terutama anak-anak yang kurang bisa mengontrol dirinya sendiri.

Tulis sebuah Komentar

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
*