amputasi luka kaki

Amputasi pada luka memang menjadi momok bagi penderita luka borok atau gangren di anggota tubuhnya. bahkan disemua usia akan susah menerima jika anggota tubuhnya dinyatakan perlu dilakukan amputasi. Namun terjadinya amputasi itu juga melalui berbagai pertimbangan yang diperhitungkan. sehingga bisa dikatakan sudah tidak punya pilihan lain.

Mengapa perlu dilakukan amputasi pada luka?

amputasi itu seperti pembuangan sebagian anggota tubuh. yang dikarenakan beberapa faktor. mungkin kata pembuangan terlalu kasar sehingga bisa diperhalus menjadi pemotongan.

ada beberapa faktor dilakukanya amputasi.

bisa karena tidak adanya peluang akan membaiknya atau pulihnya bagian tubuh tersebut. yang paling mudah merujuk pada kasus kecelakaan dimana jari kakinya remuk dan robek. sehingga penjahitan saja tidak akan membantu pemulihan pada ujung jari yang remuk tak berbentuk sehingga perlu adanya pemotongan sebagian ruas jari untuk mempertahankan sisa jarinya agar terjadi penyembuhan yang maksimal. andaikan tidak dilakukan pemotongan atau amputasi maka jari yang remuk tersebut meskipun sudah dirawat akan terjadi infeksi. atau akibat luka tersebut tidak bisa dijahit karena permukaan kulit tidak beraturan dan tidak bisa dipertemukan tepinya untuk dijahit. sehingga perlu di ambil sebagian ujungnya agar kulit jari bisa dijahit seutuhnya. yang ditakutkan adalah terjadinya infeksi yang diakibatkan karena tidak maksimalnya perawatan pada luka tersebut. samahalnya jika pada luka kaki karena borok atau gangren yang mengalami penghitaman secara menyeluruh. penghitaman merupakan suatau tanda kematian jaringan tersebut dengan kata lain jaringan tersebut sudah mati dan tidak berfungsi lagi. sehingga perlu dibuang agar tidak terjadi perluasan jaringan yang mati atau memberi kesempatan jaringan yang lainya untuk tumbuh seutuhnya.

selain itu infeksi terus menerus pada luka tersebut juga jadi pertimbangan. jika sudah dilakukan perawatan secara maksimal namun tidak terjadi penurunan infeksi bahkan semakin buruk lantaran luka tersebut menjadi sumber infeksi yang subur. sehingga pemotongan dan pembuangan luka tersebut bisa membantu mempermudah penyembuhanya.

memang dilain resiko tersebut akan berdampak pada psikis yang didapat karena amputasi pada luka tersebut akan membuat adanya kecacatan. meski terkadang kecacatan tersebut tidak berpengaruh secara signifikan pada kemandirian hidup.

Namun bagi penulis pribadi. apapun resikonya keselamatan merupakan prioritas utama yang dipertimbangkan.

Namun sebelum semuanya terlambat. maka segerakanlah untuk melakukan perawatan luka. agar bisa mencegah ke hal tersebut.

Tulis sebuah Komentar

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
*